Minggu, 28 Agustus 2022

 RANCANGAN TINDAKAN UNTUK AKSI NYATA

 

Judul         : Menumbuhkan Budaya Positif melalui Keyakinan Kelas sesuai Profil Pelajar Pancasila

Nama         : Nur Arifinza Desi Wardana, S.pd

 

  I.          LATAR BELAKANG

Budaya positif merupakan perwujudan dari nilai-nilai atau keyakinan universal yang diterapkan di sekolah. Budaya positif dimulai dengan mengubah paradigma kita menjadi teori kontrol yang mana sebelumnya kita sebagai guru memiliki pemahaman yaitu guru bisa mengontrol siswa tetapi dengan adanya teori kontrol di dalam budaya positif sedikit demi sedikit kita sebagai pendidik harus mengubahnya menjadi siswa sendiri yang memiliki kontrol atas dirinya.

Kita sebagai pendidik harus menempatkan diri kita sebagai kontrol manajer. Kontrol manajer yaitu posisi mentor dimana guru berbuat bersama dengan murid, mengajak siswa mempertanggungjawabkan perilakunya, mendukung siswa menemukan solusi atas permasalahannya sendiri. Agar posisi kontrol manajer ini efektif maka kita dapat menerapkan langkah restitusi. Restitusi adalah proses menciptakan kondisi bagi murid untuk memperbaiki kesalahan mereka, sehingga mereka bisa kembali pada kelompok mereka dengan karekter yang lebih kuat.

Dalam menerapkan budaya positif di sekolah, maka warga sekolah khususnya guru harus berkolaborasi dan saling mendukung dengan membuat keyakinan kelas pada setiap kelas. Keyakinan kelas merupakan nilai-nilai kebaikan atau prinsip-prinsip yang disepakati secara universal, Orang akan lebih semangat atau tergerak untuk melaksanakan keyakinannya daripada hanya mengikuti aturan.

Sekolah merupakan tempat untuk membentuk budaya positif sehingga seorang pendidik dan juga warga sekolah harus memberikan contoh tauladan nilai-nilai positif dan melakukan pembiasaan di sekolah sehingga dapat menumbuhkan motivasi instrinsik dalam diri anak untuk menjadi pribadi yang bertanggung jawab dan berbudi pekerti luhur serta akhlak mulia sesuai profil pelajar pancasila.

 

 II.         TUJUAN

Tujuan dari Aksi Nyata ini sebagai berikut :

1.    membuat keyakinan kelas bersama guru sesuai profil pelajar pancasila

2.    Menumbuhkan budaya positif dengan keyakinan kelas

3.    Menumbuhkan budaya positif sesuai nilai-nilai profil pelajar pancasila pada diri peserta didik

 

III.         TOLAK UKUR

1.    Peserta didik mampu membuat keyakinan kelas sesuai profil pelajar pancasila

2.    Peserta mampu menerapkan keyakinan kelas yang dibuat

 

IV.          LINI MASA TINDAKAN YANG AKAN DILAKUKAN

1.    Sosialisasi pada warga sekolah mengenai budaya positif

2.    Guru berkolaborasi dengan peserta didik membuat keyakinan kelas

3.    Menumbuhkan dan menanamkan budaya positif sesuai profil pelajar pancasila

4.    Mendokumentasikan kegiatan yang mencerminkan budaya positif

 

V.         DUKUNGAN YANG DIBUTUHKAN

1.    Orang tua membiasakan budaya positif sesuai profil pelajar pancasila di rumah

2.    Warga sekolah sebagai teladan dalam menanamkan budaya positif

 

VI.          HASIL AKSI NYATA

Adapun hasil aksi nyata dari kegiatan tersebut adalah :

1.    Peserta didik secara sadar membuat keyakinan kelas bersama guru sesuai profil pelajar pancasila

2.    Peserta didik menumbuhkan budaya positif dengan keyakinan kelas

3.    Peserta didik menumbuhkan budaya positif sesuai nilai-nilai profil pelajar pancasila pada diri peserta didik

 

VII.         KEBERHASILAN DAN KEGAGALAN

Keberhasilan

1.    Dapat membuat keyakinan kelas antara siswa dengan guru

2.    Dapat menubuhkan budaya positif di kelas, lingkungan sekolah, dan masyarakat

Kegagalan

Membutuhkan proses dalam menumbuhkan budaya positif berdasarkan motivasi intrinsik dan kesadarannya sendiri

 

VIII.         RENCANA PERBAIKAN DI MASA MENDATANG

1.    Perlu adanya kolaborasi dengan rekan guru dalam menerapkan posisi kontrol manajer

2.    Perlu contoh tauladan dari warga sekolah dalam menumbuhkan motivasi intrinsik dalam diri siswa

3.    Perlu dukungan dari orang tua dan masyarakat dalam menerapkan budaya positif

 

DOKUMENTASI

1.    Memohon dukungan kepala sekolah terkait aksi nyata yang akan dilakukan

2.    Mensosialisasikan kepada warga sekolah terkait kegiatan aksi nyata




3.    Kegiatan aksi nyata dalam membuat keyakinan kelas 

 







      4.    Menumbuhkan budaya positif sesuai Profil Pelajar Pancasila 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar