RANCANGAN TINDAKAN UNTUK AKSI NYATA
Judul :
Menumbuhkan Budaya Positif melalui Keyakinan Kelas sesuai Profil
Pelajar Pancasila
Nama :
Nur Arifinza Desi Wardana, S.pd
I.
LATAR BELAKANG
Budaya positif merupakan perwujudan dari nilai-nilai atau
keyakinan universal yang diterapkan di sekolah. Budaya positif dimulai dengan mengubah paradigma
kita menjadi teori kontrol yang mana sebelumnya kita sebagai guru memiliki
pemahaman yaitu guru bisa mengontrol siswa tetapi dengan adanya teori kontrol
di dalam budaya positif sedikit demi sedikit kita sebagai pendidik harus
mengubahnya menjadi siswa sendiri yang memiliki kontrol atas dirinya.
Kita sebagai pendidik harus menempatkan diri kita sebagai kontrol
manajer. Kontrol manajer yaitu posisi mentor dimana guru
berbuat bersama dengan murid, mengajak siswa mempertanggungjawabkan
perilakunya, mendukung siswa menemukan solusi atas permasalahannya sendiri. Agar
posisi kontrol manajer ini efektif maka kita dapat menerapkan langkah restitusi.
Restitusi adalah proses menciptakan kondisi bagi murid untuk memperbaiki kesalahan
mereka, sehingga mereka bisa kembali pada kelompok mereka dengan karekter yang
lebih kuat.
Dalam menerapkan budaya positif di
sekolah, maka warga sekolah khususnya guru harus berkolaborasi dan saling
mendukung dengan membuat keyakinan kelas pada setiap kelas. Keyakinan kelas
merupakan nilai-nilai kebaikan atau prinsip-prinsip yang disepakati secara
universal, Orang akan lebih semangat atau tergerak untuk melaksanakan
keyakinannya daripada hanya mengikuti aturan.
Sekolah merupakan tempat untuk membentuk budaya positif sehingga seorang
pendidik dan juga warga sekolah harus memberikan contoh tauladan nilai-nilai
positif dan melakukan pembiasaan di sekolah sehingga dapat menumbuhkan motivasi
instrinsik dalam diri anak untuk menjadi pribadi yang bertanggung jawab dan
berbudi pekerti luhur serta akhlak mulia sesuai profil pelajar pancasila.
II.
TUJUAN
Tujuan dari Aksi Nyata ini sebagai berikut :
1.
membuat keyakinan kelas bersama guru sesuai
profil pelajar pancasila
2.
Menumbuhkan budaya positif dengan keyakinan
kelas
3.
Menumbuhkan budaya positif sesuai nilai-nilai
profil pelajar pancasila pada diri peserta didik
III.
TOLAK UKUR
1.
Peserta didik mampu membuat keyakinan kelas
sesuai profil pelajar pancasila
2.
Peserta mampu menerapkan keyakinan kelas yang
dibuat
IV.
LINI
MASA TINDAKAN YANG AKAN DILAKUKAN
1.
Sosialisasi pada warga sekolah mengenai
budaya positif
2.
Guru berkolaborasi dengan peserta didik
membuat keyakinan kelas
3.
Menumbuhkan dan menanamkan budaya positif
sesuai profil pelajar pancasila
4.
Mendokumentasikan kegiatan yang mencerminkan
budaya positif
V.
DUKUNGAN
YANG DIBUTUHKAN
1.
Orang tua membiasakan budaya positif sesuai
profil pelajar pancasila di rumah
2.
Warga sekolah sebagai teladan dalam
menanamkan budaya positif
VI.
HASIL
AKSI NYATA
Adapun hasil aksi nyata
dari kegiatan tersebut adalah :
1.
Peserta didik
secara sadar membuat keyakinan kelas bersama guru sesuai profil
pelajar pancasila
2.
Peserta didik menumbuhkan
budaya positif dengan keyakinan kelas
3.
Peserta didik menumbuhkan
budaya positif sesuai nilai-nilai profil pelajar pancasila pada diri peserta
didik
VII.
KEBERHASILAN
DAN KEGAGALAN
Keberhasilan
1.
Dapat membuat
keyakinan kelas antara siswa dengan guru
2.
Dapat
menubuhkan budaya positif di kelas, lingkungan sekolah, dan masyarakat
Kegagalan
Membutuhkan proses dalam menumbuhkan budaya positif berdasarkan motivasi
intrinsik dan kesadarannya sendiri
VIII.
RENCANA
PERBAIKAN DI MASA MENDATANG
1.
Perlu adanya
kolaborasi dengan rekan guru dalam menerapkan posisi kontrol manajer
2.
Perlu contoh
tauladan dari warga sekolah dalam menumbuhkan motivasi intrinsik dalam diri
siswa
3.
Perlu dukungan
dari orang tua dan masyarakat dalam menerapkan budaya positif
DOKUMENTASI
1.
Memohon dukungan kepala sekolah terkait aksi nyata yang akan dilakukan
2. Mensosialisasikan kepada warga sekolah terkait kegiatan aksi nyata
3. Kegiatan aksi nyata dalam membuat keyakinan kelas
4. Menumbuhkan budaya positif sesuai Profil Pelajar Pancasila
Tidak ada komentar:
Posting Komentar