Minggu, 07 April 2019


KETERAMPILAN YANG HARUS DIMILIKI SEORANG GURU

Nur Arifinza D.W., S.Pd
SMPN 1 Pasean

Pada hari ini, hari minggu tanggal 7 april 2019 saya mengikuti diklat seminar yang di adakan oleh grup guru dahsyat nasional atau kita kenal GGDN. Mungkin barang kali sebagian guru yang lain hari minggu merupakan hari khusus untuk bersantai atau bercengkrama dengan keluarga setelah enam hari disibukkan dengan ruinitas kerja dan mengajar. Namun pada kesempatan kali ini saya menyempatkan waktu untuk mengikuti seminar online tentang “Guru Cerdas Finansial” yang dibawakan oleh pak Riswanto sebagai narasumbernya.
Namun pada artikel ini yang penulis ingin angkat sebagai pembahasan kali ini bukan pada bagaimana guru mendapat gaji lebih dari kerja sampingan selain dari gaji profesi gurunya, tetapi bagaimana seorang guru harus memiliki keterampilan lebih selain ketrampilan mengajar, yang mana ketrampilan mengajar merupakan suatu kewajiban.
Apa yang penulis paparkan pada artikel ini, tidak lain penulis peroleh dari hasil diskusi dan sharing dengan narasumber dan peserta lain. Pada awal seminar pak Riswanto menanyakan kepada peserta yaitu “selain mengajar, apa saja yang harus dimiliki seorang guru?” Tentunya penulis menjawab seorang guru harus memiliki kemampuan menulis, karena menulis merupakan kompetensi yang harus dimiliki seorang guru selain mengajar, yang mana menulis merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari seorang guru.
Kemudian narasumber menanyakan kembali, “apa defenisi sukses mengajar?”. Penulis menjawab guru dikatakan sukses mengajar jika siswa belajar dengan senang tanpa ada beban, selain itu ada peserta yang menjawab guru sukses mengajar jika tidak ada guru, maka siswa merindukannya. Ada juga peserta lain yang menjawab mampu melahirkan anak idealis yang bermanfaat untuk banyak orang serta menghasilkan murid baru yang hasilnya sama atau lebih dari gurunya.
Setelah diskusi ringan tersebut, barulah acara inti dimulai bahwa sebagian besar guru tidak hanya memiliki kemampuan mengajar saja, tetapi harus memiliki kemampuan lebih. Berikut ini seperti yang saya kutip dari pak Riswanto sebagai narasumber bahwa keterampilan yang harus dimiliki agar guru mempunyai kemampuan di atas rata-rata guru yang lain yaitu:

1.       Keterampilan Berbicara
Guru yang memiliki keterampilan berbicara di depan publik akan membantu mempengaruhi pendengar dalam menyampaikan informasi.
2.       Keterampilan Menulis
Adanya tulisan maka sebuah ide dan pemikiran akan lebih luas jangkauannya dan tak terbatas ruang dan waktu.
3.       Keterampilan Mempengaruhi Orang Lain
Keterampilan ini tentu saja akan sangat berguna dalam mempengaruhi orang lain jika keterampilan ini di dukung dengan dua bidang ilmu yang sangat populer saat ini yaitu Neuro Linguistik Programming (NLP) dan hipnosis.

Apa yang di paparkan di atas, hal itulah yang penulis anggap penting dalam segi dunia pendidikan yang selama ini belum pernah dibahas baik dalam forum resmi misalnya diklat atau obrolan ringan guru-guru sambil menunggu jam mengajarnya. Selain itu semoga tulisan ini dapat memberikan pengetahuan baru bagi kita sebagai guru dalam meningkatkan kompetensi serta menjadi inspirasi dan motivasi bagi kita dalam mencerdaskan generasi penerus bangsa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar