Jumat, 24 Juli 2020

A. Struktur dan Fungsi Jaringan Akar

Akar

Akar tumbuhan menyerap, mengangkut dan menyimpan air serta makanan terlarut. 
Beberapa fungsi akar bagi tumbuhan, antara lain:

  1. Untuk menyerap air serta mineral dari dalam tanah,
  2. Untuk mengangkut air serta zat-zat makanan ke seluruh tubuh tumbuhan,
  3. Untuk menunjang dan juga memperkokoh berdirinya tumbuhan,
  4. Menyimpan cadangan makanan dan sebagai alat perkembangbiakan vegetatif,
  5. Pada tumbuhan tertentu, akar digunakan sebagai alat respirasi, misalnya tumbuhan bakau
Akar terdiri dari beberapa bagian sebagi berikut:
  1. Epidermis akar adalah penutup bagian luar akar yang bersentuhan dengan tanah. Air dan mineral terlarut diserap dari tanah melewati epidermis akar.
  2. Rambut akar berfungsi untuk memperluas daerah penyerapan air dan zat-zat makanan terlarut.
  3. Tudung akar adalah kelompok sel-sel yang melindungi akar yang tumbuh dan menekan ke dalam tanah.
  4. Meristem ujung adalah sekelompok sel yang membelah secara mitosis terus menerus. Pembelahan sel-sel ini berakibat terjadinya pertumbuhan pada ujung akar.
  5. Kambium adalah jaringan yang terletak antara xilem (pembuluh kayu) dan floem (pembuluh tapis). Jaringan kambium menghasilkan jaringan xilem dan floem baru
  6. Xilem dan floem adalah jaringan seperti tabung, pada sebagian besar tumbuhan yang digunakan untuk pengangkutan air, dan zat-zat makanan. Air dan mineral diserap oleh akar, diangkut melalui xilem ke batang dan daun. Makanan yang dibuat di daun diangkut melalui floem ke bagian lain tumbuhan yang memerlukan makanan.
B. Struktur dan Fungsi Jaringan Batang

Batang

Mengapa batang penting untuk tumbuhan? Batang memberi dukungan pada daun. Batang juga memberi jalan untuk pergerakan air dari akar ke daun dan pergerakan makanan hasil fotosintesis dari daun ke bagian lain tumbuhan.
Beberapa fungsi batang pada tumbuhan, antara lain:
  1. Batang berfungsi sebagai tempat untuk menyimpan cadangan makanan,
  2. Batang berfungsi sebagai tempat melekatnya daun, bunga, dan buah,
  3. Batang berfungsi untuk menyalurkan air serta garam atau mineral dari akar sampai ke daun dan juga menyalurkan zat makanan dari daun ke seluruh tubuh,
  4. Batang berfungsi untuk mengarahkan tumbuhan supaya mendapatkan cahaya matahari yang cukup.
Batang mempunyai macam jaringan yang sama dengan akar. Xilem yang ada di akar bersambungan dengan xilem batang, dan xylem daun. Floem juga bersinambungan ke semua bagian tubuh -tumbuhan. Xilem dan floem adalah jaringan pengangkut yang salurannya terpisah. Xilem berfungsi mengangkut air dan mineral dari akar ke daun, sedangkan floem mengedarkan makanan hasil fotosintesis dari daun ke seluruh bagian tubuh tumbuhan.

Jaringan xilem dan floem pada batang tersebut terletak di bagian dalam dan dilindungi oleh epidermis di bagian paling luar batang. Batas antara xilem dan floem adalah kambium. Kambium ini adalah jaringan meristem yang memiliki kemampuan membelah untuk membentuk xilem dan floem.

Terdapat dua macam batang tumbuhan, yaitu batang tumbuhan herba dan batang tumbuhan berkayu.
  1. Batang tumbuhan herba lunak dan berwarna hijau. Batang ini dijumpai misalnya pada tanaman tomat, cabe, terung dan lain-lain. Xilem dan floem batang herba tersusun dalam berkas-berkas. Batang tumbuhan berkayu tampak padat dan keras.
  2. Batang berkayu dijumpai pada tumbuhan yang berperawakan pohon. Pohon memiliki banyak jaringan xilem. Jaringan silem berkembang menjadi kayu dari pohon. Xilem dan floem pada batang berkayu tersusun dalam dua cincin melingkar yang terpisah. Jaringan di luar kayu disebut kulit kayu
Beberapa tumbuhan darat dapat tumbuh tinggi sebab air dan mineral terlarut, serta bahan-bahan makanan dapat bergerak melewati jarak yang jauh melalui pembuluh xilem dan floem. Ternyata, selain berfungsi sebagai alat pengangkutan, batang juga berfungsi untuk alat penyimpan dalam bentuk tepung.

C. Struktur dan Fungsi Jaringan Daun

Daun

Umumnya tanaman memiliki daun yang berwarna hijau, meskipun ada juga yang memiliki warna lain misalnya putih, merah, kuning bahkan ada yang berwarna campuran dengan bentuk daun yang juga berbeda-beda pula. Umumnya daun berwarna hijau berbentuk pipih dan lebar. Bagian yang tipis melebar disebut lembaran daun. Pada lembaran daun terdapat tulang-tulang daun. Tulang daun yang paling besar biasanya berada di tengah dan merupakan kepanjangan dari tangkai daun. Tulang daun ini bercabang-cabang dengan susunan misalnya menyirip di kiri kanan tulang daun.

Percabangan tulang daun juga akan bercabang-cabang sehingga bentuknya sambung-menyambung seperti jala. Ternyata lembaran daun berfungsi untuk membuat atau memasak makanan. Tangkai daun berfungsi menghubungkan lembaran daun dengan batang. Untuk mempelajari daun lebih detil, Pada umumnya daun mempunyai lebih banyak stoma di epidermis bagian bawah dibandingkan pada epidermis bagian atas. Kata "stoma" berasal dari bahasa Yunani, yang berarti "mulut". Apakah stoma tampak seperti mulut? Stoma ini ternyata tidak hanya dimiliki oleh daun saja karena batang yang berwarna hijau juga memiliki stoma. Tiap stoma dikelilingi oleh dua sel yang disebut sel penutup.

Epidermis berfungsi sebagai pelindung dan umumnya hanya terdiri dari selapis sel yang tipis. Sel-sel jaringan palisade ini banyak mengandung kloroplas yang berfungsi dalam proses pembuatan makanan. Ingatlah bahwa klorofil adalah pigmen berwarna hijau yang terdapat dalam kloroplas. Berkas pembuluh tersusun atas xilem dan floem menyusun urat-urat daun yang bercabang-cabang.
D. Pemanfaatan Struktur Jaringan Tumbuhan dalam Teknologi

Penerapan Jaringan Akar
Contohnya, struktur akar yang kokoh dan dapat menunjang tumbuhan pada daerah laut. Hal ini bisa dipakai sebagai dasar pengembangan pembangunan podasi pada tumbuhan, pondasi dalam pembuatan jembatan dan lain-lain.
Penerapan Jaringan Batang

Batang pohon yang kokoh berdiri memberikan inspirasi pada pembangung rumah. Susunan batu rumah meniru jaringan batang. Tembok rumah agar kokoh diberi besi, hal ini merupakan pengaplikasian dari kambium pada pohon.

Penerapan Jaringan Daun

Salah satunya, teknologi pembangkit listrik tenaga surya dibuat dengan meniru prinsip daun yang memanfaatkan energi matahari untuk menghasilkan energi kimia, sehingga dapat menjadi alternatif sumber energi yang sangat bermanfaat.




Sumber : http://www.dunia-mulyadi.com/2016/01...#ixzz4ph94Rrcc

Tidak ada komentar:

Posting Komentar