Jumat, 17 Juli 2020

Besaran dan Satuan Fisika

Definisi Besaran dan Satuan

Besaran adalah segala sesuatu yang dapat diukur dan dinyatakan dengan angka, serta diikuti dengan satuan. Sementara itu, satuan adalah segala sesuatu yang digunakan untuk menyatakan hasil pengukuran atau pembanding dalam suatu pengukuran tertentu.
Contohnya, Pak Agus menjual beras. Beliau mengukurnya menggunakan genggam. Genggam merupakan satuan yang digunakan untuk mengukur besaran beras, yaitu massa. Berbeda dengan Pak Agus, Bu Hartini juga menjual beras. Bedanya, beliau menggunakan timbangan kilogram. Keduanya mengukur besaran yang sama, yaitu massa beras. Tapi, Pak Agus dan Bu Hartini menggunakan satuan yang berbeda, yaitu genggam dan kilogram.

Tahukan sobat dalam ilmu sains atau illmu pengetahuan alam kalian akan banyak berinterkasi dengan namanya besaran-besaran yang didapat dari aktivitas pengukuran dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya kalian membeli mangga 5 kg. 5 kg adalah massa dan ia merupakan contoh besaran. Contoh lain besaran yang sering kita temui sehari-hari seperti panjang, waktu, suhu, waktu, kecepatan dan sebagainya.

Apa itu mengukur?

Besaran didapat dari aktivitas pengukuran, lalu apa itu pengukuran atau mengukur? Pada zaman dahulu sebelum ada alat ukur yang canggih seperti sekarang orang-orang mengukur besaran panjang dengan menggunakan bagian tubuhnya. Misalnya bangsa mesir kuno yang memberikan satuan panjang cubit atau hasta (jarak dari siku sampai ke ujung jari).
Contoh lain misal di Inggris dikenal dengan satuan kaki, di Indonesia dikenal ada jengkal dan hasta. Jadi sobat bisa mendefinisikan kalau mengukur adalah aktivitas membandingkan suatu besaran yang diukur dengan besaran sejenis yang telah ditentukan sebagai satuan.
Satuan adalah besaran pembanding yang telah disepakati dan digunakan untuk pengukuran.
Besaran adalah sesuatu yang dapat sobat ukur dan dinyatakan secara kuantitatif dalam angkat.
Dalam fisika, besaran dibagi menjadi besaran pokok dan besaran turunan.
Besaran Pokok
Besaran pokok merupakan besaran yang satuannya telah ditetapkan terlebih dahulu dan bukan turunan dari besaran lain. Tujuh besaran pokok yang diketahui adalah massa, panjang, waktu, jumlah molekul zat, kuat arus, intensitas cahaya, dan suhu. Besaran dan satuannya bisa kita baca pada tabel di bawah ini.
besaran
Besaran Turunan
Besaran turunan adalah besaran yang satuannya diturunkan dari besaran pokok. Beberapa contohnya yang sering kita gunakan adalah kecepatan. Kecepatan kita dapatkan dari dua besaran pokok, yaitu panjang dan waktu. Satuan dari besaran turunan kita kenal sebagai satuan turunan.
Sebagai kombinasi atau turunan dari besaran pokok, tentu ada banyak besaran turunan yang kita dapatkan. Tapi, beberapa contohnya dapat kita lihat pada tabel di bawah ini.
besaran2

Tidak ada komentar:

Posting Komentar