Sabtu, 10 Agustus 2019


MGMP IPA KABUPATEN PAMEKASAN SIAP MENJAWAB TANTANGAN ERA DIGITAL

       Pada hari Sabtu tanggal 10 Agustus 2019 merupakan hari perdana MGMP IPA Kabupaten Pamekasan,  MGMP dilaksanakan di laboratorium IPA SMPN 1 Pamekasan pukul 08.00, kegiatan ini di buka oleh ketua MGMP IPA Bapak Markunto Kasihana, S.Pd. Peserta MGMP yang hadir pada hari ini sebanyak 29 peserta dari 42 peserta yang sudah daftar secara online.
Meskipun, besok minggu tanggal 11 Agustus 2019 merupakan hari raya Idul Adha tidak menyurutkan peserta MGMP IPA untuk hadir, hal ini bisa dilihat dari partisipasi peserta mencapai 2/3 jumlah peserta. Kalau dimisalkan rapat paripurna DPR maka jumlah anggota sebanyak itu mencapai kuorum dan akan menghasilkan keputusan yang sah.
Pada kegiatan pertama MGMP, Pak Kunto memaparkan program rutin MGMP antara lain jadwal MGMP yang rencananya akan dilaksanakan sebanyak tujuh kali sesuai jadwal yang di berikan oleh MKKS, matrikulasi IPA kelas 7,8, dan 9, struktur program kegiatan MGMP selama satu semester, dan sosialisasi tentang program peningkatan kompetensi pembelajaran (PKP). Setelah pemaparan materi, peserta memberikan masukan agar kegiatan ini lebih menarik dan tidak monoton yaitu diadakan kegiatan MGMP secara online menggunakan aplikasi Webex.
Berdasarkan masukan tersebut, ternyata peserta MGMP sangat antusias meskipun pada umumnya peserta masih belum mengenal aplikasi webex, sehingga kegiatan pertama ini dikenalkan aplikasi webex dan cara menggunakannya. Setelah dikenalkan aplikasi ini, ternyata peserta mudah menggunakannya meskipun baru pertama mencoba. Dengan aplikasi ini diharapkan nantinya pemaparan materi tidak hanya diisi oleh guru inti tetapi juga bisa dilakukan oleh peserta sehingga ilmu dan pengalamannya semakin banyak karena semua peserta bisa sharing ilmunya dan belajar berani berbicara di depan orang banyak meskipun tidak bertatap muka secara langsung.
  Pada hari sabtu yang akan datang tanggal 24 Agustus 2019, MGMP IPA akan melaksanakan program pengembangan salah satunya pembuatan soal Online melalui HP atau laptop, selain itu juga pengenalan aplikasi webex untuk pemaparan materi pembelajaran secara online. Tentunya MGMP IPA akan melaksanakan program rutin dan program pengembangan untuk meningkatkan kompetensi guru IPA kabupaten Pamekasan, bagi peserta yang belum bisa ikut kegiatan perdana diharapkan dapat hadir pada petemuan kedua karena materinya dapat membantu guru untuk berinovasi dalam pembelajaran. Materi pembuatan soal online dan seminar dengan aplikasi webex merupakan program pengembangan MGMP IPA untuk menjawab tantangan era digital industri 4.0.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar