Minggu, 26 Juli 2020

ENERGI

Energi adalah sesuatu yang jika digunakan bisa menghasilkan suatu kerja/ usaha. Energi Potensial adalah energy yang dimiliki oleh suatu benda karena struktur benda tersebut.
Energi Potensial Gravitasi atau Energi diam adalah energy yang dimiliki suatu benda letaknya di permukaan bumi. Energi potensial gravitasi dipengaruhi oleh tinggi benda terhadap acuannya, massa yang dimiliki, dan gravitasinya. Suatu benda jatuh karena adanya gravitasi Bumi. Gravitasi Bumi dapat menarik sesuatu yang memiliki massa lebih kecil karena bumi memiliki massa yang lebih besar.Setiap sesuatu yang memiliki massa yang lebih besar mampu menarik sesuatu yang memiliki massa lebih kecil. 



 
Keterangan :
h1 : ketinggian total
h2 : ketinggian titik 1 ke titik 2
·                 h3 : ketinggian titik 2 ke titik 3
       Kesimpulan :
s     Semakin ke bawah, semakin cepat pergerakannya
a    Setiap perpindahan jatuhnya benda, Ԑp benda berubah.
  1. Energi potensial elastisitas adalah energi yang tersimpan pada benda yang sedang diregangkan.
  2. Energi kinetik adalah energi yang dimiliki oleh suatu benda karena benda tersebut bergerak.

Contoh : Tepak yang di lempar ke atas.
Fakta yang didapatkan yaitu :
  1.  Semakin ke atas, energy potensial mengecil dan energy kinetic membesar.
  2.  Saat jatuh lagi, energy potensial membesar dan energy kinetic mengecil.
  3.  Berubah arah gerak
  4.  Saat jatuh menimbulkan suara. Jadi, saat jatuh di atas permukaan, energy potensial dan
  5.  Energy kinetic berubah menjadi energy bunyi.
Perpaduan antara energy Potensial dan energy Kinetik disebut energy Mekanik.



Macam-Macam Energi Potensial
  • Energi Potensial Gravitasi
4
Merupakan energi yang dimiliki suatu benda karena terletak di atas permukaan bumi. Makin tinggi letak suatu benda di atas permukaan bumi, maka makin besar energi potensial gravitasinya. Penerapan dari energi ini adalah ketika buah jatuh dari pohonnya.
  • Energi Potensial Elastisitas

Merupakan energi yang tersimpan dalam benda yang sedang direngangkan. Makin jauh peregangan dan penekanannya, makin besar energinya. Penerapan dari energi ini adalah pada karet ketapel dan busur panah.
  • Energi Potensial Kimia
Merupakan energi yang terkandung dalam suatu zat. Penerapan dari energi ini adalah makanan. Makanan memiliki energi kimia sehingga orang yang makan akan memiliki energi untuk beraktivitas.
  • Energi Potensial Listrik
Merupakan energi yang dimiliki muatan listrik dan arus listrik. Energi ini paling banyak digunakan karena mudah diubah menjadi energi lainnya.
  1. Energi Kinetik
Energi kinetik merupakan bentuk energi ketika suatu materi berpindah atau bergerak. Setiap materi yang berpindah atau bergerak memiliki bentuk energi yang disebut energi kinetik atau energi pergerakan. Objek bergerak melakukan kerja dengan menggerakkaan benda lain. Sebagai contoh, seorang pemain biliar menggerakkan tongkat billiar untuk mendrong bola, kemudian bola yang bergerak akan menggerakkan bola-bola lain.
Untuk memahami perbedaan antara energi potensial dengan energi kinetik, dapat diamati pada peristiwa ketika anak-anak bermaik perosotan. Energi kinetik akan diubah menjadi energi potensial ketika menaiki perosotan, dan energi potensial akan diubah menjadi energi kinetik selama meluncur turun.
Berbagai Sumber Energi
Sumber energi adalah segala sesuatu yang menghasilkan energi. Energi memegang peranan sangat penting bagi kehidupan manusia. Panas matahari yang digunakan untuk memanaskan air adalah sumber energi, listrik dan arang yang dibakar untuk memanaskan setrika merupakan sumber energi juga.
  1. Sumber Energi Tak Terbarukan
Energi tak terbarukan yang paling banyak dimanfaatkan adalah minyak bumi, batu bara, dan gas alam. Ketiganya dipakai baik dalam kehidupan sehari-hari, pada industri, untuk pembangkit listrik, maupun transportasi.
  • Energi Hasil Tambang Bumi
  • Energi Nuklir
2. Sumber Energi Terbarukan
Sumber energi terbarukan yang saat ini mulai dikembangkan adalah biogas dari kotoran ternak, air mengalir, angin, dan panas matahari. Salah satu sumber energi terbarukan yang saat ini mulai dipelajari agar dapat dikembangkan di Indonesia adalah sampah biologis.
  • Energi Matahari
  • Pembangkit Listrik Tenaga Air
  • Energi Angin
  • Energi Tidal
Makanan sebagai Sumber Energi
Energy yang dibutuhkan oleh manusia adalah makanan. Makanan adalah salah satu bentuk energy kimia karena apa yang masuk ke dalam tubuh direaksikan / diproses dengan cara kimia. Makhluk hidup dibagi menjadi dua, yaitu Autotrof dan heterotrof. Autotrof dapat menghasilkan makanannya sendiri, yaitu Tumbuhan. Heterotrof mengambil makanan dari makhluk hidup lain. Contohnya adalah manusia dan hewan.

Makanan diperlukan oleh tubuh sebagai sumber energi. Dengan asupan makanan yang baik dan cukup, kamu dapat melakukan berbagai aktivitas sehari-hari. Zat makanan yang berperan sebagai sumber energi adalah karbohidrat, lemak, dan protein.

Karbohidrat
Merupakan senyawa kimia yang tersusun oleh unsur-unsur karbon. Bahan makanan yang banyak mengandung karbohidrat, misalnya beras, jagung, kentang, gandum, umbi-umbian, dan buah-buahan yang rasanya manis. Karbohidrat berperan sebagai sumber energi (1 gram karbohidrat sama dengan 4 kilo kalori).

Protein
Merupakan senyawa kimia yang mengandung unsur C, H, O, N (kadang juga mengandung unsur P dan S). Fungsi protein antara lain adalah sebagai sumber energi, pembangun sel, jaringan tubuh, dan pengganti sel tubuh yang rusak. Bahan makanan yang mengandung banyak protein, antara lain :
Protein Hewani
Contoh : daging, ikan, telur, susu, dan keju.
Protein Nabati
Contoh : kacang-kacangan, tahu, tempe, dan gandum.

Lemak
Merupakan senyawa kimia yang mengandung unsur C, H, dan O. Peran lemak adalah menyediakan energi sebesar 9 kalori/gram, melarutkan vitamin A, D, E, K, dan menyediakan asam lemak esensial bagi tubuh manusia. Fungsi lemak antara lain adalah sumber energi (1 gram lemak sama dengan 9 kilo kalori), pelarut vitamin A, D, E, dan K, pelindung organ-organ tubuh yang penting sebagai bantalan lemak, dan pelindung tubuh dari suhu yang rendah. Bahan makanan yang mengandung banyak lemak, antara lain :
Lemak Hewani
Contoh : keju, susu, danging, dan kuning telur.
Lemak Nabati
Contoh : kelapa, kemiri, kacang-kacangan, dan buah avocad.

Vitamin, berfungsi untuk menjaga keseimbangan dan kesehatan tubuh.

e. 
Sumber :
https://reinatalife.blogspot.com/2016/10/rangkuman-ipa-kelas-7-bab-6-energi.html
https://anisatidzikriya.wordpress.com/kelas-vii/energi-dalam-sistem-kehidupan/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar